STUDI BANDING PEMKAB DAN DPRD BANGKA BARAT KE PEMKOT KEDIRI

DSC03350Prodamas, program unggulan berbasis pemberdayaan masyarakat dengan alokasi dana APBD Rp.50 juta/RT/Tahun, yang digagas Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar, Tahun 2017 ini pelaksanaannya telah memasuki tahun yang ketiga. Berbagai hasil telah tampak dan benar-benar dirasakan nyata oleh masyarakat Kota Kediri. Keberhasilan tersebut yang menarik banyak daerah ingin “belajar” ke Pemerintah Kota Kediri dan mengaplikasikan program sejenis di daerahnya.

Jika 11 April 2017 lalu, rombongan Komisi II DPRD Kota Mojokerto datang untuk belajar Prodamas, Kamis kemarin (20/4), giliran rombongan dari Pemerintah Kabupaten dan DPRD Bangka Barat yang datang melakukan studi banding selama dua hari.

Rombongan yang diketuai oleh Hendra Kurniady tersebut, Kamis pagi diterima oleh Sekda Kota Kediri, Drs. Budwi Sunu Hernaning Sulistyo, MSi., di Ruang Rapat Barenlitbang dengan didampingi Asisten Administrasi Umum, Maria Karangora, SH, MM., dan Kepala Bagian Pemerintahan, Ir. Un Achmad Nurdin, MM.

DSC03361Dalam kesempatan tersebut, Hendra Kurniady mengungkapkan bahwa maksud kedatangannya bersama rombongan adalah dalam rangka menggali pengetahuan terkait Prodamas, mulai dari payung hukum, proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengawasan serta kendala-kendala dalam pelaksanaanya. Disampaikan juga bahwa Pemkab Bangka Barat menyusun program yang dapat mengurangi kecemburuan Kelurahan atas pemberlakuan UU Desa. “Kami ingin mengadobsi Prodamas untuk kami kembangkan di Bangka Barat, tentunya dengan penyesuaian-penyesuain, misalkan besaran anggaran juga aturan-aturannya menyesuaikan kondisi disana” ungkap Hendra Kurniady. “Pemda kami sedang menyusun formula, bagaimana caranya agar Kelurahan tidak iri kepada desa yang mendapatkan dana desa yang besarannya mencapai 1 Milyar”, imbuhnya.

Hari kedua kunjungan, Jum’at pagi (21/4), rombongan diajak meninjau salah satu RT di Kelurahan Rejomulyo untuk melihat langsung dilapangan hasil-hasil pelaksanaan Prodamas. Melihat fisik bangunan dan mendengar keterangan langsung warga setempat, rombongan terkesan, Prodamas hasilnya begitu nyata manfaatnya. Prodamas dapat memenuhi kebutuhan sarana prasarana lingkungan di seluruh RT.