POKMAS UPKu KOTA KEDIRI BELAJAR MEMBATIK

pelatihan-pokmas-upku-2016Sebagai salah satu bentuk upaya Pemerintah Kota Kediri dalam pemberdayaan ekonomi khususnya rumah tangga miskin serta dalam rangka melestarikan Unit Pengelola Keuangan dan Usaha (UPKu) pengelola dana bantuan program penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat Pemprov Jatim dan sharing Pemkot Kediri, Kantor Pemberdayaan Masyarakat Kota Kediri menyelenggarakan kegiatan  Pelatihan Keterampilan Usaha Bagi Masarakat (19 – 20 Oktober 2016). 

Acara pelatihan singkat yang diselenggarakan selama dua hari ini ditujukan untuk 40 orang anggota pokmas dari 14 UPKu se-Kota Kediri. Hari pertama yang bertempat di Ruang Rapat KPM pelatihan-pokmas-upku-2016-2peserta diberikan beberapa materi tentang kewirausahaan. Sedangkan hari ke dua peserta di ajak berkunjung ke salah satu sentra batik terkenal yaitu Kampoeng Batik Laweyan, Surakarta. Di sana pesrta melihat langsung proses produksi batik mulai dari awal sampai dengan pemasaran sekaligus belajar teori dan praktek membatik.

Seakan tak mau kalah dari ibu-ibu peserta, bapak- bapak yang ikut pelatihan juga sangat bersemangat dalam belajar membatik.pelatihan-pokmas-upku-2016-3

Melaui kegiatan pelatihan ini, KPM mengharapkan para peserta tidak hanya
mendapat ilmu baru tentang membatik tetapi juga wawasan baru tentang dunia usaha, kiat-kiat baru dalam mengelola dan mengembangkan usaha. Dengan kegiatan ini diharapkan akan melahirkan pengrajin batik atau paling tidak pengetahuan yang didapat dapat mendukung peserta dalam pengembangan usahanya maupun mendukung upaya peserta yang ingin membuka usaha baru.