WALIKOTA KEDIRI RAIH PENGHARGAAN KEPALA DAERAH INOVATIF 2016

Walikota Kediri menerima Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2016

Ketua DPD RI, Irman Gusman (tengah) menyerahkan Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2016 kepada Walikota Kediri

Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar kembali mendapat pengakuan di level nasional atas keberhasilannya memimpin Kota Kediri. Kali ini Walikota muda yang akrab disapa Mas Abu ini memperoleh penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif Tahun 2016, bersama dengan 34 kepala Daerah lainnya (6 Gubernur, 6 Walikota dan 22 Bupati) dalam acara tahunan Penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) yang diprakarsai Koran Sindo pada Kamis (11/8/2016) bertempat di Hotel Intercontinental, Bandung, Jawa Barat.

Hadir untuk menyerahkan penghargaan diantaranya yaitu CEO MNC Group, Hary Tanoesoedibjo,  Ketua DPD RI Irman Gusman, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, serta Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Eko Putro Sandjojo.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas berbagai keberhasilan para kepala daerah dalam mengelola dan menggarap potensi daerah sehingga memacu pertumbuhan dan kemajuan berbagai sektor pembangunan. Penghargaan tersebut membuktikan, para kepala daerah yang mendapatkan anugerah KDI memiliki program bagus yang didukung kemampuan manajerial, kepemimpinan berkualitas, visioner, mampu mewujudkan harapan masyarakat, dan dapat merespons tantangan zaman baik dalam skala nasional, regional, maupun global.

Walikota Kediri memperoleh penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif Tahun 2016 Kategori Pemberdayaan Masyarakat. Hal tersebut dicapai berkat program unggulan yang dijalankannya di Kota Kediri, yaitu PRODAMAS (Program Pemberdayaan Masyarakat). Dengan inovasinya, telah mampu mengubah lingkungan di seluruh Kota Kediri semakin tertata rapi, bersih dan sehat. Pembangunan sarana prasarana umum kian lengkap dan merata. Pemberdayaan di bidang ekonomi pun kian terasa perkembangannya.

Usai menerima penghargaan, Mas Abu menuturkan bahwa penghargaan yang diraihnya ia harapkan dapat memotivasi pemerintah daerah untuk membuat program yang kreatif dan tepat sasaran. “Dengan program ini semoga bisa mendorong pemda untuk lebih baik lagi. Karena tantangan kedepan akan semakin berat terutama persaingan ekonomi”. Lebih lanjut, Mas Abu menambahkan agar dengan diperolehnya penghargaan ini, Prodamas akan lebih baik lagi. “Kedepan Prodamas harus lebih kreatif dan program ekonomi ditambah,” imbuhnya.